Kemeriahan Acara Metri Dusun Genting 2022

Acara metri dusun atau juga dikenal dengan kadesa/kadeso Dusun Genting ini bertepatan pada hari senin tanggal 7 Nopember 2022. Kemeriahan acara ini diikuti oleh semua warga dusun Genting Kec. Jambu, Kab. Semarang.

warga RT 04 Metri Dusun Genting 2022

Metri dusun Genting ini adalah salah satu wujud ungkapan rasa syukur warga masyarakat Dusun Genting, Desa Genting, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Dalam acara ini setiap RT berpartisipasi dengan mengusung tema yang berbeda-beda. Dari tema pertanian, keagamaan, pembangunan dan juga kebudayaan yang merupakan wujud anugrah untuk masyarakat dusun Genting.

Sebelum acara puncak pada hari Senin 7 November 2022 ini juga dilaksanakan acara Pengajian dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan Metri Dusun Genting yaitu pada hari Jum'at 4 November 2022. ( Link Video Pengajian oleh Gus Wik dari Kendal ) Dalam pengajian tersebut diisi oleh Gus Wik dari Kendal Jawa Tengah, yang dihadiri oleh masyarakat dusun Genting dan sekitarnya.

Peserta

Acara puncak Metri Dusun Genting ini dihadiri oleh tamu-tamu dari kalangan pemerintah desa Genting, juga pemerintah Kecamatan Jambu dan dihadiri pula oleh Anggota DPRD Kab. Semarang dari partai Nasdem Bpk. Suyadi yang berasal dari desa Kwarasan, Kec. Jambu.

Acara ini sangat meriah karena diisi dengan berbagai pertunjukan yang telah disiapkan. Berbagai pengisi pertunjukan tersebut diantaranya seni tari dari anak-anak dusun Genting, tari Pancasila dari siswi-siswi SMP N 2 Jambu, Sendratari Anoman Obong dari warga RT 04, Reog LBR dari Temanggung, dan juga Campursari Laras Ati dari Ungaran.

Sekilas Jalannya Kegiatan

Acara ini juga disiarkan secara live lewat kanal youtube Nita Vision. Acara dimulai dengan peserta yang berkumpul di lapangan Desa Genting, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan tarian dari anak-anak TK-SD dari dusun Genting. Juga ada pertunjukan tari pancasila dari siswi-siswi SMP N 2 Jambu dan pertunjukan sendratari Anoman Obong dari Warga RT 04 Dusun Genting.

Berbagai sambutan dari pemangku kepentingan juga ada dari kepala dusun, kepala desa, sekcam dan juga anggota DPRD. Setelah acara pembukaan di lapangan dilaksanakan kemudian dilanjutkan arak-arakan mengelilingi dusun Genting.

Arak-arakan dimulai oleh bapak Kadus beserta perangkat pemerintah desa dan kecamatan, selanjutnya diikuti oleh peserta tari dari anak-anak dusun Genting. Kemudian diikuti oleh tumpeng agung yang juga ikut diarak mengelilingi dusun.

Peserta-peserta arak-arakan secara berurutan yaitu warga RT 05, RT 01, RT 02, RT 03, RT 04, Warga SMP N 2 Jambu dan terakhir diiringi oleh Reog Langen Setyo Tuhu dari Dusun Genting.

Setiap RT juga membuat tumpeng hasil bumi yang ikut diarak serta juga diiringi kesenian khas RT masing-masing. RT 1 dengan kesenian soreng, RT 02 dengan tema keagamaan para warga berdandan dengan memakai jubah-jubah , RT 3 dengan tema pembangunan dengan diiringi kesenian Reog Putri, RT 4 dengan tema kebudayaan dengan diiringi para warga yang berdandang seperti wayang orang. Sedangkan RT 5 merupakan panitia dengan diiringi kesenian Reog dari Temanggung.

Arak-arakan dilaksanakan mengelilingi dusun kemudian menuju ke makam Punden Dusun Genting Mbah Ki Soroyudo kemudian kembali ke lapangan dan diadakan acara kenduri serta perebutan tumpeng agung dan tumpeng hasil bumi.

Semua acara berjalan dengan lancar sampai acara kenduri selesai tidak turun hujan yang menjadi hambatan pelaksanaan acara arak-arakan dan kenduri di lapangan. Di sore hari dilanjutkan dengan kesenian dari temanggung, dan malam hari dilanjutkan dengan acara pementasan campursari Laras Ati dari Ungaran.

Anda dapat menyaksikan dokumentasi acara arak-arakan ini di kanal youtube nita vision atau melalui berbagai link video berikut ini.

Dengan adanya acara metri dusun Genting ini mudah-mudahan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong, dan juga menjadikan masyarakat semakin lebih baik semakin makmur dan berkah. Amiin.