Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pin-Pin Input Analog

pin-pin input analog arduino

ADC / Analog to Digital Converter

Mikrokontrol dari Atmega yang digunakan dalam board arduino uno terdiri dari 6 channel ADC, kecuali untuk Arduino Mini dan Nano ada 8, dan arduino Mega ada 16. ADC tersebut mempunyai resolusi 10 bit. yang menghasilkan data digital integer dari 0 sampai 1023.

Pin- pin input analog ini umumnya digunakan untuk membaca sensor-sensor analog, akan tetapi pin pin tersebut juga dapat digunakan seperti pin umumnya ( seperti pin digital 0 - 13 ) dalam arduino Uno. Jadi ketika kita kehabisan pin digital dan membutuhkan pin GPIO lain kita dapat menggunakan pin-pin analog ini.

Penggunaan Pin

Pin-pin analog dapat digunakan persis seperti pin-pin digital dengan menggunakan nama pin A0 (untuk pin analog input 0), A1, dan seterusnya. Berikut ini contoh perintah untuk set pin A0 sebagai output dan mengeset outputnya menjadi tinggi.

pinMode(A0, OUTPUT);
digitalWrite(A0, HIGH);

Resistor Pull-up

Pin analog juga memiliki resistor pull-up, yang bekerja secara yang bekerja seperti dengan resistor pull-up pada pin digital. Resistor Pull Up pada pin analog dapat digunakan dengan perintah sebagai berikut.

pinMode(A0, INPUT_PULLUP);  // set pull-up on analog pin 0

Namun perlu diketahui bahwa mengaktifkan pull-up akan mempengaruhi nilai yang dilaporkan oleh perintah analogRead().

Hal - Hal yang Perlu Diperhatikan Penggunaan Pin Analog

Perintah analogRead() tidak akan bekerja dengan benar jika setelah sebelumnya pin disetel ke output, jadi kita perlu menyetel kembali ke input sebelum menggunakan analogRead. Demikian pula jika pin telah diatur ke TINGGI sebagai output, resistor pull-up akan diatur, ketika dialihkan kembali ke input.

Datasheet mikrokontrol ATmega juga telah dituliskan agar tidak mengganti pin-pin analog dalam waktu yang dekat dalam pembacaan ADC / menggunakan perintah analogRead() dengan pin analog lainnya. Hal ini dapat menimbutkan gangguan listrik dalam sistem analog. Jadi mungkin diperlukan delay ketika setelah menggunakan pin analog sebagai pin digital dan akan menggunakannya dengan perintah analogRead.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang pin - pin analog pada arduino dengan menggunakan mikrokontrol atmega. anda dapat mengakses sumber utama artikel dengan mengklik link di atas, semoga artikel dalam bahasa Indonesia ini sedikit membantu para pecinta / yang sedang belajar arduino dalam memahaminya.

Herwanto
Herwanto Hobi elektronika pemrograman, audio dan lain-lain

Posting Komentar untuk "Pin-Pin Input Analog"