Program Input Push On Button / Baca Saklar Push On Button

Push On Button / Baca Saklar Push Button

Dalam program Arduino saat ini, saya akan membahas tentang program Arduino untuk membaca input saklar push on button. Contoh program yang saya buat disini merupakan sebuah program sederhana, jadi anda dapat mengembangkan sendiri dan disesuaikan dengan program anda.

Komponen Rangkaian

  • Board Arduino Uno : 1
  • LED : 1
  • Resistor 12k : 1
  • Push On Button : 1

Penjelasan Rangkaian

Dalam rangkaian di atas input dimasukkan pada pin 12 di arduino. Push on button salah satu pinnya dihubungkan dengan tegangan 5 volt positif dan pin yang satunya di hubungkan ke pin 12 Arduino Uno dan resistor 12K yang ke ground. Resistor 12k yang terhubung ke ground tersebut berfungsi untuk membuat Pin 12 rendah, atau dengan kata lain sebagai Resistor Pull Down.

Output menggunakan sebuah LED yang dibatasi dengan resistor sebesar 220 Ohm yang berfungsi sebagai pembatas arus. Resistor pembatas arus tersebut dihunungkan ke pin 2 dari Arduino Uno yang merupakan pin output dari rangkaian ini.

Program Arduino Baca Push On Button

Tujuan dalam proyek ini adalah membaca input push button dan hasil baca push button akan di representasikan dengan menggunakan LED. Jika push button berlogika TINGGI / HIGH / saat di tekan, maka LED akan menyala. Ketuka push on button tidak di tekan maka LED akan mati.

Berikut ini adalah program yang telah saya buat dan saya coba baik secara real menggunakan arduino uno maupun simulasi menggunakan Proteus 8.6

List Program

Untuk programnya dapat dilihat di bawah ini dengan klik tombol buka.

/*
Program Membaca Input Push On Button
Output Indikator : LED
Komponen :
1.Board Arduino Uno
2.LED
3.Resistor 12K Ohm
4.Kabel Jumper
www.herwanto.my.id
*/
void setup() {
pinMode(2,OUTPUT); // set pin 2 sebagai output
pinMode(12,INPUT); // set pin 12 sebagai input
}
void loop() {
if(digitalRead(12)==HIGH){ // baca pin 12, apakah HIGH
digitalWrite(2,HIGH); // menulis ke Pin 2 HIGH
}
digitalWrite(2,LOW); // menulis ke Pin 2 LOW
}