Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kombinasi IC 555 dan IC 4017 Untuk LED Berjalan

Selamat datang di blog Catatan Herwanto. Di postingan ini saya akan membahas rangkaian elektronika sederhana yaitu LED berjalan dengan IC 555 dan juga 4017. Dalam rangkaian ini kita tidak membutuhkan program untuk menyalakan LED. Kita hanya menggunakan fungsi-fungsi yang ada dalam IC tersebut.

IC 555 merupakan ic timer yang dapat difungsikan sebagai astable multivibrator, sebagaimana pada rangkaian ini ic tersebut digunakan. Sedangkan IC dekade 4017 digunakan sebagai pemicu nyala LED.Selain itu didukung oleh komponen pasif dan aktif lainnya seperti Resistor, Kapasitor, Potensiometer, dan juga LED sebagai outputnya.

Gambar Rangkaian Running LED dengan IC 555 dan 4017

Gambar Rangkaian Running LED dengan IC 555 dan 4017

Cara Kerja Rangkaian Running LED

Pembangkit pulsa akan diproduksi oleh IC 555 dengan berbagai komponen pendukungnya yaitu R1, RV1, R2 dan C2. Output akan dilewatkan melalui kaki 3 sebagai indikator terdapat LED yang dihubungkan ke Vcc.

Output tadi akan dihubungkan ke kaki 14 IC 4017 yang akan menjadi pemroses utama rangkaian running LED ini. kaki E ( enable ) harus dihubungkan ke Ground agar IC berfungsi dan kaki MR dapat dihubungkan ke ground untuk menghindari adanya tegangan liar dari luar. Kaki MR ini digunakan untuk me reset IC 4017. Dalam rangkaian ini kaki Carry Out tidak digunakan.

Begitulah sedikit ulasan tentang rangkaian running led dengan IC 555 dan 4017. Untuk rangkaian simulasi proteusnya dapat di download di sini

Saya akan sedikit memberikan catatan mengenai dua IC tersebut berdasarkan datasheet yang saya punya. Mudah - mudahan dengan adanya sedikit catatan dan penjelasan ini akan memudahkan pembaca mengetahui fungsi dan bagaimana konfigurasi / pengoperasian kedua IC tersebut.

IC Timer 555

IC 555 merupakan ic yang mempunyai kestabilan tinggi ketika dibuat untuk penunda waktu ataupun osilator. Terminal tambahan disediakan untuk trigger atau reset jika diinginkan. Dalam mode operasi delay, waktu dikontrol oleh satu resistor dan kapasitor eksternal.

Untuk operasi yang stabil sebagai osilator, frekuensi dan duty cycle dikontrol secara akurat dengan dua resistor eksternal dan satu kapasitor. Sirkuit dapat dipicu dan diatur ulanng dengan logika 0, dan sirkuit output dapat dapat memberikan arus keluaran hingga 200 mA atau menggerakkan sirkuit TTL baik untuk kondisi High atau Low.

Aplikasi IC Timer 555

  • Precision Timing
  • Pulse Generation
  • Sequential Timing
  • Time Delay Generation
  • Pulse Width Modulation
  • Pulse Position Modulation
  • Linear Ramp Generator
Agar lebih jelas mengenai IC timer 555 dapat download datasheetnya di Datasheet IC 555

Dalam rangkaian running LED ini IC 555 difungsikan sebagai astable multivibrator yang dapat dilihat pada gambar berikut.

astable multivibrator ic 555

Penjelasan Singkat Rangkaian

RV1 100K Ohm digunakan untuk kontrol output apakah mau dibuat frekuensi lebih tinggi atau lebih rendah. Output berada di kaki no 3 yang disambungkan dengan LED dari Vcc. Untuk perhitungan Frekuensi, duty cycle dapat mengacu pada datasheet IC 555 yang sudah saya berikan link downloadnya di atas. Perhitungannya berhubungan dengan nilai R1, RV1, R2 dan juga C1.

IC Decade Counter 4017

IC Decade counter 4017 adalah ic atau rangkaian terpadu yang dapat digunakan untuk menghitung 1 sampai 10. Semakin cepat input frekuensi atau pulsa yang masuk maka outputnya juga akan semakin cepat. Output dari ic ini nyalanya kan bergantian dari output 0 sampai output 9.

Di bawah ini adalah gambar Pin 4017 dan Aplikasinya di Rangkaian Running LED

Gambar Pin 4017 dan Aplikasinya di Rangkaian Running LED

Untuk lebih jelas mengenai IC 4017 apakah itu tentang kelistrikan dan juga timming dari input dan outputnya maka saya sarankan untuk membaca dan memahami melalui datasheet IC 4017 yang dapat di download di halaman ini. Download Datasheet IC4017

Output dari IC 4017 akan dimulai dari Output "0" menuju ke Output "9" secara bergantian nyalanya, dalam rangkaian running LED ini output akan diumpankan ke LED-LED yang dihubungkan melalui resistor sebagai pembatas arus.

Herwanto
Herwanto Hobi elektronika pemrograman, audio dan lain-lain

Posting Komentar untuk "Kombinasi IC 555 dan IC 4017 Untuk LED Berjalan"