Simulasi Elektronika Pemrograman Arduino Uno Dengan Proteus 8

Software proteus banyak digunakan dalam pembelajaran elektronika, dapat digunakan untuk simulasi, dan juga desain PCB. Dalam simulasi Arduino Uno dan juga gambar rangkaian dalam blog ini kebanyakan saya menggunakan Proteus 8.6.

Software ini sebenarnya berbayar, namun sekarang banyak bertebaran versi lain yang bisa di cari di internet dan digunakan sebagai pembelajaran.

Proteus 8

Cara Install Proteus 8

Saya menggunakan software ini dan bisa saya install di windows 10 saya. Disini akan coba saya uraikan bagaimana cara instalasinya.

  1. Download Software Proteus 8.
  2. Ekstrak Fize Zip dari Proteus 8 yang sudah di download.
  3. Buka folder hasil ekstrak tadi.
  4. Ada lima file di dalam folder, pertama kali install proteus SP0 8.4
  5. Dalam instalasi anda juga diminta install lisensi, file lisensi berekstensi .lxk
    install lisensi proteus 8.4
  6. Dalam instalasi diminta file lisensi, maka pilih file lisensi "Grassington North Yorkshire.lxk" di folder tadi.
  7. Setelah itu melakukan patch jalankan file patch "Update Proteus 8.4 SP0 Demo to PRO ENG v1.0.exe". Pastikan foldernya benar default lokasi install proteus di bawah program filese (x86) ... .
    update Proteus 8.4
  8. Setelah itu dilakukan, install Proteus_8.6_SP2_Pro.exe dengan menimpa folder instalasi proteus 8.4 yaitu C:\Program Files (x86)\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional.
  9. Hapus duplikat sortcut dengan label Proteus 8 Profesional di lokasi C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Proteus 8 Professional\ yang dihapus adalah shortcut dengan stamp waktu yang lebih lama.
  10. Selesai.

Begitulah cara yang saya lakukan untuk menginstall Proteus 8. Buat anda yang ingin mencoba untuk software ini bisa download melalui link di bawah ini.

Install Library Arduino

Kita dapat menggunakan proteus untuk simulasi Arduino Uno jika kita telah menginstall Library Arduino. Untuk mendapatkan library arduino untuk proteus dapat di download melalui Link di bawah ini.

Cara Install Proteus Arduino Library

  1. Ekstrak File Zip Proteus Arduino Library
  2. Copy Seluruh file isi ekstrakan tersebut Di C:\ProgramData\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional\LIBRARY
  3. Selesai

Memasukkan File Program Arduino (.ino.hex) ke Simulasi Arduino

Untuk menggunakan simulasi arduino dengan proteus kita memerlukan file berekstensi .ino.hex dari sketch atau program arduino. Cara melihat lokasi file tersebut kita harus menyeting Arduino IDE dahulu.

setting verbose arduino IDE
  1. Buka arduino IDE
  2. Buka menu File
  3. Preferences
  4. Akan muncul jendela baru dan ceck list pada menu Show verbose output during bagian compilation dan upload
  5. Klik Ok
  6. Selesai.

Untuk melihat lokasinya kita lihat pada gambar di bawah ini.

copy lokasi file hex arduino ide

Lokasi file tersebut nantinya akan kita letakkan pada program software proteus pada komponen arduino. Lihat gambarnya di bawah ini.

memasukkan lokasi file hex proteus
Penutup

Demikian cara install arduino 8 dan library proteus arduino. Untuk contoh simulasinya silahkan dapat melihat postingan kami di 5 Contoh Program / Sketch Arduino Untuk Display LED. Dalam postingan tersebut juga kami sediakan contoh simulasinya.