Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengukur Suhu Dengan Sensor LM35 Dan Arduino Uno

Artikel kali ini saya akan menulis tentang cara mengakses Sensor Suhu LM35 dengan menggunakan Arduino Uno. Saya menggunakan simulator elektronika Proteus untuk mensimulasikannya dan juga Arduino IDE untuk menulis dan mengompile programnya.

Dalam postingan ini saya cantumkan bagaimana cara saya untuk mengakses sensor LM35 menggunakan sebuah input analog arduino Uno dan menggunakan 2 buah input analog. 

Sensor Suhu LM35

LM35 mempunyai fitur sebagai berikut :
  • Sudah dikalibrasi dengan suhu Celcius
  • Faktor skala perubahan 10mV/°C Linier
  • Mempunyai akurasi 0.5°C pada suhu 25°C
  • Cakupan -55°C - 150°C
  • Output impedansi rendah
  • Dapat beroperasi dengan tegangan 4-20 Volt
  • Pemanasan sendiri rendah 0,08°C dalam udara
Pengaplikasian untuk pengukuran suhu  2°C - 150°C dan untuk -55°C - 150°C yang saya ambil dari datasheet Texas Instrument.

pengaplikasian LM35

Untuk sistem pengaplikasian yang lebih lengkap dapat melihat secara rinci melalui datasheetnya. Silahkan download datasheet LM35 dari Texas Instrument berikut :

Mengukur Suhu 0°C -150 °C dengan LM35 dan Arduino Uno

Saya telah melakukan simulasi pengukuran suhu menggunakan sensor LM35 dan arduino uno di proteus. Rangkaiannya sederhana hanya dengan memberi tegangan supply untuk LM35 sebesar 5 Volt dan mengakses output LM35 dengan menggunakan pin analog A0.

Berikut ini adalah gambar rangkaiannya.

Rangkain LM35 dan Arduino Uno 1

Saya juga telah membuat sketchnya di Arduino IDE berikut ini adalah list program mengakses sensor suhu LM35 dengan Arduino Uno mengukur suhu 0°C - 150°C.Berikut ini adalah sketchnya.

Contoh Program Arduino Uno dengan Sensor LM35 Satu Input Analog

Saya telah membuat program arduino untuk mengakses sensor LM35 dan mengukur suhu dari 0°C - 150°C. Silahkan dapat dilihat di bawah ini.

Mengukur Suhu -55°C - 150 °C dengan LM35 dan Arduino Uno

Untuk mengukur suhu dari -55°C sampai 150 °C saya menggunakan dua buah input analog Arduino Uno. Sistem rangkaian LM35nya pun berbeda dari yang pertama. Dan saya juga telah mensimulasikan di proteus dengan hasil yang tidak mengecewakan menurut saya. Berikut ini adalah gambar rangkaiannya.
Rangkain LM35 dan Arduino Uno 2
Untuk program arduino unonya dapat dilihat di bawah ini.

Contoh Program Arduino Uno dengan Sensor LM35 Dua Input Analog

Untuk mengukur suhu dengan LM35 dengan suhu -55°C - 150 °C saya menggunakan dua buah input analog dengan program seperti di bawah ini.

Penutup

Itu tadi cara mengakses sensor LM35 dengan menggunakan arduino Uno. Perbedaan mendasar dalam dua contoh di atas adalah penggunaan input analog arduino uno. Mungkin ada banyak contoh yang lain mengenai sketch dan juga rangkaiannya, sehingga pembaca dapat memilih yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Untuk mendownload kedua rangkaian proteus beserta sketch arduinonya dapat diakses melalui link berikut ini :
Herwanto
Herwanto Pernah jadi siswa prodi elektronika
Mau Coba Template Blogger Yang Saya Gunakan di Blog ini ? Silahkan