Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Voltmeter DC Sederhana Arduino Uno

Postingan ini saya akan mencoba untuk membuat sebuah simulasi voltmeter DC sederhana menggunakan Arduino Uno. Saya akan menggunakan input Analog sebagai inputnya dan hasilnya akan saya tampilkan ke LCD 16x2. Langsung saja berikut rangkaian yang saya buat.

Gambar Rangkaian

Di gambar rangkaian yang saya buat saya menggunakan 2 buah resistor sebagai pembagi tegangan yang akan membagi tegangan menjadi 5 volt. Hal ini saya buat karena referensi tegangan ( Vref ) dalam arduino saya kasih 5 volt.

rangkaian volt meter dc arduino uno

Batas ukur dari volt meter di atas adalah 55 volt. Untuk menentukan R1 dan R2 sebagai pembagi tegangan saya menggunakan tegangan 55 volt sebagai tegangan maksimal yang akan menghasilkan tegangan bagi sebesar 5 volt ( sama dengan tegangan referensi / Vref ).

ADC pada pin A0 mempunyai resolusi 10 bit yaitu nilai maksimal 1023, sehingga saat tegangan A0 terukur 5 volt akan menghasilkan nilai ADC 1023 dan nilai ADC tersebut akan dikonversikan menjadi 55 volt. Saya menggunakan rumus : 
    
    Vin=(bacaSen/1023)*55.00

    Vin         : tegangan di probe (+)
    bacaSen : nilai ADC di pin A0 yang dibaca arduino
    55.00     : tegangan maksimal yang dapat diukur

Program / Sketch Arduino Uno

Agar rangkaian tersebut dapat bekerja dengan baik maka Arduino Uno perlu diisi dengan program yang telah dibuat yaitu sebagai berikut :


Itu tadi program yang telah saya buat untuk menjadikan Arduino Uno sebagai pengukur tegangan DC dengan tegangan maksimal 55 Volt DC. Sketch di atas salah satu contoh program arduinonya, kita dapat memodifikasinya sesuai dengan rangkaian volt meter dc yang kita buat.

Saya rasa banyak variasi dalam pembuatan programnya dan juga rangkaian voltmeter DC dengan arduino, program dan rangkaian di atas saya buat masih dalam bentuk simulasi di software proteus. Untuk mengunduh rangkaian simulasi dan juga sketch arduino unonya silahkan klik disini
Herwanto
Herwanto Pernah jadi siswa prodi elektronika
Mau Coba Template Blogger Yang Saya Gunakan di Blog ini ? Silahkan