Komponen Modul Seven Segment BQ-M402RD-A-002

Kali ini saya akan posting tentang modul seven segment BQ-M402RD-A-002. Modul seven segment ini memiliki empat buah seven segment yaitu segment A, B, C dan D. Modul ini juga dilengkapi dengan titik dua diantara segmen B dan segment C sehingga modul ini sangat cocok untuk pembuatan jam digital. Di bawah ini adalah gambarnya.

seven segment BQ-M402RD-A-002

Saya mendapatkan komponen ini ketika pergi ke salah satu toko komponen elektronik di salatiga. Namun setelah saya cari datasheetnya di internet ternyata saya sulit untuk mendapatkan datasheet yang sama persis dengan komponen 7 segment ini. Sehingga saya coba untuk tes kaki-kakinya sendiri dengan menggunakan multimeter. Alhamdulillah saya mendapatkan hasilnya.

Modul 7 segment BQ-M402RD-A-002 merupakan modul 7 segment dengan common anoda. Setiap segment memiliki kaki common sendiri. Secara fisik modul ini memiliki 20 kaki, dengan 10 kaki pertama untuk koneksi ke segment A, B serta titik atas pada titik dua dan 10 kaki ke dua untuk koneksi ke segment C, D dan titik bawah pada bagian titik dua. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

kaki seven segment BQ-M402RD-A-002

Itu tadi sedikit tentang 7 segment BQ-M402RD-A-002 yang telah saya coba. Mudah - mudahan artikel ini juga bisa bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Terima kasih .