Contoh Program Jam Digital Arduino Uno Tanpa RTC

Selamat datang di blog herwanto blog yang membahas seputar elektronika. Kali ini saya akan menuliskan tentang sebuah contoh program arduino uno sebagai prosesor jam digital dengan output 7 segment.

Sebelumnya saya juga telah menuliskan contoh Program Jam Digital Sederhana Tanpa RTC Dengan Input Clock 1Hz dari luar arduino uno.

Secara umum Modul RTC adalah sebuah modul rangkaian pengingat waktu dengan supply tegangan menggunakan baterai, yang data waktu dan tanggalnya dapat kita akses untuk pembuatan jam digital atau rangkaian pewaktu lainnya.

Dalam contoh program kali ini saya akan merubah program sebelumnya khususnya bagian input clock yaitu dengan menggunakan fungsi interupt internal di arduino Uno. Untuk gambar rangkaiannya tetap sama dengan rangkaian sebelumnya

Program ini telah saya coba aplikasikan pada arduino uno yang saya miliki, dan disini saya coba dokumentasikan hasil percobaan ini melalui video yang dapat dilihat di blog ini.

Dalam percobaan jam digital dengan menggunakan clock interrupt ini, saya rasa hasilnya kurang begitu tepat, namun tidak ada salahnya jika kita bisa mencobanya dan jika ingin diaplikasikan secara real mungkin perlu dilakukan modifikasi pada programnya.

Gambar Rangkaian Jam Digital Arduino

Berikut ini adalah gambar rangkaian jam digital arduino yang saya buat. Saya telah melengkapi dengan input tombol dan output buzzer. Namun dalam program ini komponen-komponen tersebut tidak saya fungsikan.

rangkaian jam digital arduino uno

Jika ingin menggunakan gambar di atas maka input clock tidak perlu dibuat.

Alur Kerja Program

Alur kerja program ini kurang lebihnya sebagai berikut:

  • Setup input interrupt, dan juga output untuk 7 segment
  • Interrupt internal saya set dengan timer sebesar 0.5 milidetik
  • Setup nilai jam
  • Melakukan Fungsi Hitung Waktu
  • Melakukan fungsi penampil 7 segment
  • Jika ada interup dari fungsi timer, maka akan melakukan penghitungan waktu

Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca list program yang telah tulis berikut ini.

List Program Jam Digital Arduino Uno

Baiklah itu tadi list program jam digital arduino tanpa RTC yang bisa saya share. semoga list program ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Untuk pertanyaan, kritik atau saran bisa langsung di kolom komentar di bawah postingan ini.