Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab 3 E Sistem Sandi (Kode) ASCII

 

Sistem Sandi ASCII

Sistem Sandi (Kode) ASCII merupakan sandi alpanumerik yang paling terkenal dan merupakan singkatan dari American Standard Code for Information Interchange atau dalam bahasa Indonesianya Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi yang banyak digunakan oleh hampir seluruh komputer.

Jika diperhatikan pada keyboard atau tombol kunci komputer, sedikitnya terdapat 87 tombol kunci baik yang berupa huruf besar dan kecil, angka, tada Khusus, maupun tombol dengan fungsi khusus.

Komputer harus mampu menangani informasi numerik maupun non numerik, sehingga komputer harus mampu menganalisis berbagai sandi yang mencakup angka, huruf dan fungsi tertendu. Sandi-sandi ini dikelompokkan sebagai sandi alpanumerik (alphabed dan numerik).

Sejumlah tombol yang kelengkap dan memadai diperlukan 26 tombol untuk huruf kecil, 26 huruf besar, 10 tombol untuk digitr angka, dan setidaknya 25 tombol untuk tanda dan fungsi tertentu seperti +, -, /, @, #, $, Esc, Insert, page Up, dan lain-lainnya.

Untuk menampilkan 87 karakter yang berbeda tersebut setidaknya diperlukan 7 bit sandi biner. Dengan 7 bit tersebut diperoleh 27 =128 biner yang berbeda.

Contoh Sandi ASCII dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Tabel ASCII

Baiklah itu tadi sedikit mengenai kode sandi ASCII untuk tabel kode ASCII secara lebih lengkap bisa melihat di web Ascii Code Dot Com

herwanto blog