Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikut Pelatihan Desain Grafis Muda Di BLK Kab. Semarang

Ada yang pernah mengikuti pelatihan di BLK ? Di postingan ini saya akan cerita tentang pengalaman proses mengikuti Pelatihan di BLK Kab. Semarang. Mudah-mudahan saja bisa bermanfaat buat pembaca semua.

Latar Belakang Bisa Tau Ada Pelatihan Desain Grafis Gratis

Sebenarnya saya menemukan informasi pelatihan Desain Grafis Muda di BLK Kab. Semarang ini secara tidak sengaja. Awalnya saya mencari informasi tentang kartu prakerja di web prakerja.go.id. Setelah saya mendaftar di website tersebut untuk mendapatkan kartu prakerja saya coba cari informasi pelatihan-pelatihan yang tersedia.

Sisnaker

Sebelumnya saya belum tahu bagaimana mekanisme kartu prakerja. Ternyata setelah saya baca kartu prakerja itu ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Dan disini saya rasa saya masuk di dalam kategori tersebut.

Dari informasi pelatihan yang ada biayanya berkisar antara 50.000 sampai 1.000.000 rupiah. Kita dapat memilih pelatihan yang kita butuhkan tentunya setelah pengajuan keikutsertaannya diterima.

Saat pendaftaran tersebut belum ada gelombang yang tersedia untuk pelatihan, sehingga saya harus memantau jika nantinya ada pembukaan pada gelombang berikutnya.

Sambil menunggu pembukaan gelombang kartu prakerja, saya coba mencari pelatihan lainnya. Saya kepikiran untuk mencari informasi melalui Kemnaker, alhamdulillah disitu saya mendapatkan informasi pelatihan kerja lainnya, ada juga yang tanpa biaya. Disitulah saya tau informasi pelatihan desain grafis muda di BLK Kab. Semarang.

Mendaftar di SISNAKER

Sebenarnya sebelumnya saya belum tau kalau ada sistem pendaftaran pelatihan di BLK Kab. Semarang secara online. Melalui web kemnaker.go.id ini saya mendapatkan informasinya.

Saya mulai mendaftar pelatihan Kejuruan Desain Grafis Muda ini di saat bulan puasa, setelah menunggu beberapa hari ada pemberitahuan melalui WA dari BLK Ungaran untuk mengikuti Tes Seleksi Tertulis dan Wawancara di BLK Ungaran pada hari kamis 12 Mei 2022. Saya pun ikut hadir di BLK tersebut.

Tes Seleksi dan Wawancara

Hari kamis 12 Mei pun tiba, dan saya berangkat dari rumah sekitar pukul 07.00 WIB pagi hari. Kebetulan jarak antara rumah dan BLK Ungaran sekitar 20 KM sehingga saya berangkat satu jam sebelumnya untuk menghindari kemacetan di jalan.

Sampai di BLK sekitar pukul 07.45 WIB dan di sana saya juga bertemu dengan calon peserta lainnya. Tes tertulis ( Potensi Akademik ) dilakukan sekitar 1 jam setelah itu dilakukan tes wawancara secara bergantian.

Peserta yang mengikuti tes cukup banyak. Setelah tes dan wawancara peserta yang lolos akan di saring menjadi 16 peserta saja.

Diterima Menjadi Peserta Pelatihan

Setelah mengikuti tes dan wawancara pada tanggal 12 Mei akhirnya di tanggal 16 Mei 2022 saya mendapat informasi kalau saya lolos seleksi. Alhamdulillah akhirnya saya bisa mengikuti pelatihan ini.

Di tanggal 18 Mei ( hari Rabu ) peserta dikumpulkan. Tidak hanya peserta pelatihan Desain Grafis ada juga berbagai pelatihan lain seperti Boga, Las, Otomotif dan Modiste. Ada sekita 80 peserta pelatihan di BLK Kab. Semarang pada tahap II ini.

Pserta dibekali juga tentang pelatihan softskill selama 2 hari yaitu hari Kamis dan Jum'at kemudian mulai hari Senin para peserta sudah mulai pelatihan di kejuruannya masing-masing.

Penutup

Begitulah sedikit cerita saya awal mula ikut pelatihan di BLK Kab. Semarang. Semoga selanjutnya saya dapat mengikuti pelatihan dengan tuntas dan dinyatakan lulus. Aamiin.

Herwanto