Peringatan HUT RI Ke-77 Di Desa Genting, Kec. Jambu

Upacara HUT RI Ke77 Desa Genting Kec. Jambu

Tahun 2022 ini perayaan HUT RI dapat kembali dilakukan di berbagai tempat di Indonesia. Kita kembali diijinkan melakukan perayaan HUT RI setelah kurang lebih 2 tahun yang lalu dalam masa pandemi virus covid-19.

Berbagai kegiatan menyambut HUT RI ke 77 juga banyak dilakukan di desaku Desa Genting, Kec. Jambu. Kegiatan mulai dari lingkungan RT hingga lingkungan Desa. Seperti pemasangan bendera, umbul-umbul, kebersihan lingkungan dan juga berbagai lomba menyambut HUT RI ke 77.

Berbagai perlombaan juga dilaksanakan, dari perlombaan olah raga dan juga kebersihan lingkungan. Untuk tingkat Desa Genting diadakan lomba voli dan juga tenis meja. Selain itu juga dilaksanakan perlombaan tingkat dusun. Dalam lomba tingkat dusun ini biasanya diprakarsai oleh pemuda-pemudi di setiap dusun masing-masing. Kebetulan di dusunku (Genting Krajan) juga diadakan berbagai perlombaan.

Di dusun Genting Krajan perlombaan diprakarsai oleh pemuda-pemudi dusun. Ada lomba untuk bapak-bapak yaitu lomba sepak bola usia 35 tahun ke atas, berbagai lomba untuk ibu-ibu, dan juga anak-anak. Para warga sangat antusias untuk mengikuti perlombaan yang diadakan. Selain itu para pemuda juga ikut berpartisipasi dalam perlombaan voli dan tenis meja yang dilaksanakan di tingkat Desa.

Info terbaru Merti Dusun Genting 2023 dapat di lihat melalui Blog Dusun Genting Krajan

Sedangkan untuk perlombaan di tingkat Desa lomba voli terdiri dari lomba voli tirai dan juga lomba voli dengan aturan umum juga dilakukan. Lomba voli dilaksanakan di Dusun Kalidukuh sedangkan untuk finalnya dilaksanakan di Lapangan Desa Genting pada tanggal 17 Agustus 2022. Dalam lomba voli ini tiga besar diraih oleh Tim dari Kalidukuh, Ngrawran dan Sedono.

Dalam perlombaan tenis meja dilaksanakan di Balai Desa Genting. Dalam lomba tenis meja ini pesertanya banyak di dominasi oleh pemain dari Dusun Kalidukuh, Sodong. Meski begitu ada juga peserta dari dusun lain seperti dari dusun Genting dan Tompak. Pada perlombaan tenis meja ini terdiri dari dua perlombaan yaitu Tenis Meja Single dan Double.

Di tingkat kecamatan setahu saya juga diadakan kegiatan lomba, baik untuk warga maupun perangkat desa. Salah satunya adalah lomba K3 (Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan). Kebetulan dusunku dusun Genting Krajan ditunjuk menjadi wakil dari Desa Genting untuk mewakili lomba K3 tingkat kecamatan Jambu ini.

Selain berbagai kegiatan menyambut HUT RI Ke-77, juga dilaksanakan upacara bendera di lapangan Desa Genting yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat. Ada anak sekolah, PKK, Pemuda, dan juga warga masyarakat.

Gelar Budaya Desa Genting 2022

Setelah upacara pengibaran bendera dilaksanakan dilanjutkan kegiatan Gelar Budaya. Berbagai kesenian yang ada di Desa Genting ditampilkan dalam acara tersebut. Ada 9 dusun yang ikut serta dalam gelar kesenian tersebut.

  1. Dusun Sodong : Kesenian Rodat Nurul Huda
  2. Dusun Kalipucung : Kesenian Reog Ngesti Budoyo
  3. Dusun Genting : Kesenian Reog Langen Setyo Tuhu
  4. Dusun Tompak : Kesenian Reog Panca Buana Sakti
  5. Dusun Kalidukuh : Kesenian Prajuritan Wargo Budoyo
  6. Dusun Plimbungan : Kesenian Reog Kanthi Prayogo
  7. Dusun Kalidukuh : Kesenian Topeng Ireng Wahyu Fajar Lestari
  8. Dusun Dlimas : Kesenian Reog Turonggo Taruno Budhoyo
  9. Dusun Sedono : Kesenian Reog Karya Manunggal

Kesenian-kesenian tersebut dilaksanakan mulai dari pukul 13.00 sampai 24.00 pada tanggal 17 Agustus 2022 di Lapangan Desa Genting. Antusiasme warga untuk menonton cukup banyak baik di sore hari maupun malam hari.

Mudah-mudahan dengan berbagai kegiatan dan kemeriahan peringatan HUT RI yang ke 77 ini sebagai tanda akan Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat untuk kita semua. Amiin.

Herwanto