Bantu Saudara Bikin Logo Toko Bangunan TB. Joko Makmur

Hallo teman-teman semua, apa kabarnya? semoga selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan ya, Aamiin.. Alhamdulillah saat ini saya bisa nulis lagi di blog herwanto.my.id. Kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman bantu desain logo buat saudara yang mau bikin toko bangunan.

Memilih Jenis Logo

Dalam logo yang saya buat kali ini mengusung jenis logo initial letter yaitu logo dengan menggunakan inisial dari nama usaha. Nama tokonya adalah TB. Joko Makmur, dalam logonya disisipkan inisial JM yang merupakan kependekan dari Joko Makmur.

Ohya sahabat logo itu ada macam-macam jenisnya loh, saya juga baru tau setelah mengikuti pelatihan desainer grafis muda di BLK Kab. Semarang. Beberapa jenis logo yang saya tau diantaranya :

  • Name Only Logos ( Logo Berupa Nama )
  • Name/Symbol Logos (Logo Berupa Nama dan Gambar )
  • Initial Letter Logos (Logo Berupa Inisial/Singkatan Nama)
  • Pictorial Name Logo (Logo Berupa Nama Dengan Visual Yang Khusus)
  • Associative Logos (Logo Asosiatif)
  • Allusive Logos(Logo Bentuk Kiasan)

Keterangan singkat mengenai jenis-jenis logo di atas bisa dibaca di Halaman Desain Logo yang telah saya post sebelumnya.

Oke, kembali ke pembahasan logo tadi. Saya menggunakan jenis logo Initial Letter Logo. Dan seperti saya sebutkan sebelumnya bahwa nama toko bangunannya adalah TB. Joko Makmur, sehingga saya menggunakan inisial JM dalam logonya. Selain itu kebetulan saya juga sedikit mengenal aktifitas dan karakter saudara saya tersebut sehingga memudahkan saya dalam membuat logonya.

Berikut ini adalah gambar logo yang telah saya buat untuk TB. Joko Makmur.

Logo TB Joko makmur

Dalam gambar logo diatas memang saya kasih background warna hitam, hal ini saya lakukan bahwa warna yang saya pilih juga masih dapat terlihat dalam media yang bersifat gelap.

Filosofi Logo

Logo yang telah saya buat tersebut memiliki filosofi yang di dasari dari bentuk, garis, dan juga inisial dalam logo tersebut.

Logo TB. Joko Makmur tersebut memiliki filosofi sebagai berikut :

  • Tulisan JM : adalah singkatan nari nama toko yaitu Joko Makmur.
  • Bentuk Bintang : adalah simbol ketuhanan, memiliki sifat religius dan memiliki kedudukan yang tinggi.
  • Bentuk Piramid : memiliki sifat kuat, stabil.
  • Garis Diagonal : memiliki arti pergerakan, dimana usaha bersifat dinamis dalam menyediakan kebutuhan bangunan di kalangan masyarakat
  • Warna Biru : Memiliki kesan warna tentang kepercayaan dan juga kekuatan
  • Warna Orange : memiliki kesan kepercayaan diri dan juga kebebasan
  • Tulisan JM / Joko Makmur : merupakan identitas dari usaha dan pemiliknya

Jadi secara umum logo tersebut menggambarkan bahwa TB. Joko Makmur merupakan sebuah Toko yang kuat bergerak secara dinamis dengan kepercayaan tinggi namun tetap memiliki karakter religiusitas dan kemanusiaan

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai sebuah logo yang telah saya buat, mungkin bagi sobat pembaca mempunyai pandangan lain mengenai logo tersebut di atas. Sobat bisa memberikan komentarnya di kolom komentar di bawah postingan ini.

Contoh Pengaplikasian Logo

Contoh pengaplikasian logo yang telah saya buat adalah pada poster sederhana berikut ini.

Contoh Poster

Poster tersebut memuat produk-produk yang dijual di Toko Bangunan Joko Makmur yang saya buat dengan ukuran A4

Sebagai akhir postingan ini, saya ucapkan terima kasih buat pembaca semua yang telah mengunjungi blog dan juga membaca tulisan singkat ini. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat.