Review Template Toko Online Blogspot Kutoko

Template Kutoko adalah template blogspot toko onlinet yang dibuat oleh Mas Sugeng dengan desain yang menarik dengan fitur pesan via chat dan juga link ke marketplace. Template KuToko merupakan template blogspot fast loading yang dioptimalkan untuk toko online sangat cocok buat blogger yang ingin berjualan lewat blogspot.

Dikesempatan ini saya akan berbagi pengalaman memasang template blogspot Kutoko yang telah saya beli dari web Mas Sugeng. Dengan membeli langsung di situs resminya kita bisa mendapatkan update selamanya.

Template Kutoko

Template Kutoko ini sangat keren sehingga menarik perhatian saya untuk membelinya. Sebelumnya saya juga menggunakan template toko Online Blogspot VioToko yang pernah saya coba di blog https://konter.slametcell.my.id.

Saya juga pernah menggunakan template lainnya seperti Linkmagz, dan juga EvoMagz. Buat pembaca yang menginginkan untuk mencoba template tersebut silahkan dapat menghubungi saya disini.

Dilansir dari laman resminya, dikatakan bahwa template Kutoko ini merupakan template toko online blogspot penyempurnaan dari template VioToko. Oleh karena itu setelah ada kesempatan akhirnya saat ini saya sudah bisa mencobanya.

Pemasangan Template Blogspot Kutoko

Seperti template premium lainnya dari mas Sugeng, untuk penerapan template Kutoko ini sangat mudah. Untuk blog yang belum menggunakan template Kutoko kita perlu copy paste kode templatenya. Sedangkan untuk blog yang sudah menggunakan template ini kita hanya perlu upload (memulihkan) dengan template Kutoko.

Saya telah memasang template Kutoko ini di blog Konter Slamet Cell. Blog yang saya buat untuk posting berbagai produk yang tersedia di Konter saya. Tidak semua fitur dari template Kutoko ini saya terapkan. Untuk melihatnya blog toko online yang sudah saya buat anda bisa mengunjungi link ini.

Ada beberapa hal yang menurut saya menjadi hal menarik dari template ini. Baik dari segi tampilan maupun fiturnya. Baiklah langsung saja saya tuliskan hal-hal menarik dari segi tampilan template Kutoko ini.

Hal-Hal Menarik Dari Segi Tampilan Template Kutoko

  1. Auto slider banner
  2. Pop Up Box
  3. Widget Recent Post Berdasarkan Label
  4. Kustomisasi Link Marketplace

Fitur Template Kutoko

Ada berbagai fitur yang berbeda di Template Kutoko ini. Kita bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan kita. Berbagai fitur tersebut diantaranya:

  • Pengaturan Tombol Order
  • Pengaturan Form Order Via Chat
  • Pengaturan Slider
  • Pengaturan Tombol Share
  • Pengaturan Darkmode
  • Pengaturan Kotak Pop Up
  • Related Post
  • Recent Post Berdasarkan Label
  • Homepage Paginasi AJAX (infinite scroll)

Pendapat Mengenai Template Kutoko

Setelah pemasangan pada blog yang saya buat. Ada sebuah hal yang perlu diperhatikan yaitu pemasangan gambar di blog harus berukuran kecil agar blog dapat diakses dengan lebih cepat. Untuk menangani masalah ini saya coba untuk mengupload gambarnya dengan menggunakan format .WEBP. Alhamdulillah hasilnya lebih baik.

Saya coba untuk melihat PageSpeed Insights dari blog demonya. Hal ini saya lakukan untuk membandingkan dengan blog yang saya buat. Ternyata pagespeednya tidak berbeda jauh. Selain itu saya juga coba membuka gambarnya ternyata menggunakan format .WEBP juga.

Berikut ini screenshoot page speed yang saya lihat untuk blog Demo Kutoko

Pagespeed Kutoko

Segi Pengaturan Template Dan Posting Blog

Dari segi pengaturan template, template kutoko ini terbilang mudah dan dapat diikuti oleh semua pengguna. Jika kita telah membelinya kita bisa mendapatkan panduannya dan juga support selama 6 bulan setelah konfirmasi pembayaran.

Template ini dioptimalisasi untuk posting barang atau jasa yang kita jual, jadi tidak direkomendasikan untuk posting blog biasa. Meski begitu kita juga bisa posting seperti blog biasa.

Kesimpulan Sementara

Setelah mencoba menggunakan template ini saya rasa template ini cocok untuk kita yang ingin menggunakan blogspot sebagai toko online, namun sedikit kekurangan mengenai page speednya meskipun sudah cukup baik, mungkin bisa lebih ditingkatkan lagi.

Saya juga telah mencobanya untuk test dari akses dari smartphone tampilannya juga keren dan lebih modern dari template viotoko. Dari segi kecepatannya awalnya dibutuhkan loading, namun setelah kita akses beberapa kali kita bisa mendapatkan akses yang lebih mudah.

Penutup

Sekian postingan mengenai review Template Toko Online Blogspot Kutoko mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk pembaca, khususnya buat blogger yang sedang memilih template toko online blogspot.

Herwanto