Upgrade PC dari Ganti Power Supply, RAM, SSD

PC saya akhir-akhir ini lemot karena penyimpanan file yang banyak dan juga penggunaan software yang memakan RAM cukup tinggi. Akhirnya saya memutuskan untuk upgrade RAM PC yang saya pakai ini menjadi 2 kali lipat. Meskipun hanya menggunakan RAM bekas namun saya rasa kualitas masih cukup baik. Namun sebelum penggantian RAM ini, saya telah melakukan beberapa upgrade Part yang lain.
spesifikasi PC
PC yang saya gunakan ini merupakan PC jadul yang dulu dibeli sekitar tahun 2013, dengan spesifikasi kurang lebih sebagai berikut :
  • Prosesor : Intel Pentium G620
  • Hardisk : 500GB
  • RAM : 2GB
  • Motherboard : Jetway TI61MA

Bagian-bagian yang Diupgrade

Power Supply

Dengan spesifikasi di atas, PC ini berjalan dengan lancar karena hanya digunakan untuk office dan memutar video atau mp3. Setelah penggunaan beberapa tahun akhirnya mengalami kerusakan di bagian power supply. Disini saya menggantinya dengan power supply biasa dengan harga sekitar 150 ribuan kurang lebih 2 kali.
Pertama kerusakan yang disebabkan kualitas listrik, yang kedua karena power supply kemasukan cicak, yang ketiga karena overload dan mungkin juga karena listrik rumah yang tidak stabil. Akhirnya untuk mengatasi masalah kelistrikan ini saya upgrade power supply dengan spesifikasi yang lebih tinggi dengan daya sekitar 500 Watt kurang lebih harganya saat itu 350 ribuan. Selain itu saya juga menambahkan STAVOL untuk stabiliser tegangan yang masuk ke PC. Sampai saat postingan ini saya buat kondisi PC masih nyala. Alhamdulillah.

RAM

Ada hal-hal yang menjadi pertimbangan saya sebelum mengganti / upgrade RAM ini.
  1. Performa PC ketika membuka software Corel dan Photoshop bersamaan semakin lemot
  2. Kadang kalau membuka file Corel yang besar juga lemot
  3. Membuka Browser Chrome dengan multitab terasa cukup berat
Upgrade RAM yang pertama ini saya lakukan di salah satu tempat service komputer di Ambarawa. Sekalian saya minta untuk diinstall ulang PC tersebut. Saat itu saya masih sangat jarang untuk mengutak-atik komputer sendiri, jadi saya serahkan ke tukang service.
Saya upgrade RAM dari yang 2 GB menjadi 4 GB dengan menambah satu pcs RAM 2GB lagi. Saya pikir karena PC ini sudah punya 1 keping RAM 2GB dan masih ada 1 slot RAM yang masih nganggur. Untuk menjadikannya 4GB saya hanya perlu menambah 2GB lagi.
Upgrade RAM yang ke-dua saya lakukan setelah menambahkan SSD untuk sistem operasi. Saya upgrade ke 8GB hasilnya tentu lebih baik, saat ini saya menggunakan 2 slot RAM dengan 1 slot 8GB dan slot yang ke 2 2GB.

Menambahkan SSD untuk Sistem Operasi

Setelah penggunaan sekitar 2 tahun saya masih merasakan komputer yang saya pakai cukup berat. Setelah mecari informasi dari berbagai sumber saya mencoba untuk menambahkan SSD untuk sistem operasi. Saya menambahkan SSD dengan kapasitas 120 GB dengan merk RX7. Dengan menambah SSD tersebut saya merasakan performa PC ini cukup bertambah. Saya menggunakan PC dengan RAM 2GB dan SSD untuk sistem operasi sekitar kurang lebih 2 tahun.

Penutup

Sampai tulisan ini saya buat, komputer berjalan cukup lancar namun kalau digunakan untuk kerja berat masih terasa berat. Prosesor bekerja bisa mencapai 95% mungkin Next akan upgrade processor ke I3 atau I5.