Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Arduino Secara Sederhana

Arduino adalah platform elektronik open-source berdasarkan hardware dan software yang mudah digunakan. Dengan menggunakan arduino kita akan lebih dimudahkan dalam belajar pemrograman mikrokontroler.

Kita dapat menggunakan arduino untuk mengendalikan nyala LED, putaran motor, memonitor suhu dan lain sebagainya. Arduino banyak digunakan di sekolah-sekolah dan juga orang-orang penghobi elektronika. Perangkat ini cukup murah dan tentunya banyak sekali software - software library open source.

Arduino ?

Arduino lahir di Ivrea Interaction Design Institute sebagai alat sederhana untuk pembuatan prototipe, yang ditujukan untuk siswa tanpa latar belakang elektronik dan pemrograman. Dan sekarang sudah berkembang sangat luas dan kita pun bisa memakainya dan memanfaatkannya.

Mengapa Arduino ?

Arduino ini juga banyak digunakan di bidang robotika, penelitian-penelitian, bidang eksperimen lainnya.

Keuntungan bagi seorang amatir seperti kita, pemula, atau siswa ketika menggunakan arduino diantaranya:

  • Murah - Board arduino relatif murah dan mudah didapatkan.
  • Cross-platform - Arduino Software (IDE) berjalan pada sistem operasi Windows, Macintosh OSX, dan Linux. Kebanyakan sistem mikrokontroler terbatas pada Windows.
  • Lingkungan pemrograman yang sederhana dan jelas - Perangkat Lunak Arduino (IDE) mudah digunakan untuk pemula, namun juga cukup fleksibel untuk dimanfaatkan oleh pengguna tingkat lanjut.
  • Perangkat lunak open source dan extensible - Perangkat lunak Arduino diterbitkan sebagai perangkat open source, tersedia berbagai tambahan ekstensi yang dibuat oleh programmer berpengalaman. Bahasa dapat diperluas melalui pustaka C++, dan orang yang ingin memahami detail teknis dapat membuat lompatan dari Arduino ke bahasa pemrograman AVR C yang menjadi dasarnya. Demikian pula, Anda dapat menambahkan kode AVR-C langsung ke program Arduino Anda jika Anda mau.
  • Sumber terbuka dan perangkat keras yang dapat diperluas - Rencana papan Arduino diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons, sehingga kita dapat membuat versi kita sendiri mengembangkan dan meningkatkannya. Bahkan sekarang banyak versi-versi yang lebih murah yang dapat kita beli
Penutup
Jadi dengan menggunakan arduino maka kita akan mendapatkan keuntungan berbagai hal seperti dukungan komunitas, hardware dan software yang open source.

Herwanto
Herwanto Hobi elektronika pemrograman, audio dan lain-lain

Posting Komentar untuk "Pengertian Arduino Secara Sederhana"