Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sketch atau Baris Program

Sketch atau menurut saya adalah baris program Arduino yang ditulis dengan menggunakan Arduino IDE merupakan serangkaian fungsi dan perintah untuk menghitung atau mengkontrol Arduino. Di dalam sketch terdapat 2 ( dua ) fungsi utama yaitu setup() dan loop(). Dalam catatan ini saya akan menuliskan beberapa keterangan tentang keduanya. Silahkan simak di bawah ini.

setup()

Fungsi Setup() Arduino

Fungsi setup() merupakan fungsi yang digunakan di sketch / program arduino. Fungsi setup() hanya akan berjalan satu kali, setelah setiap menyala atau setelah board Arduino di reset.

Catatan Herwanto kali ini  menggunakan referensi dari blog arduino reference dimana fungsi setup() ini termasuk dalam struktur bahasa pemrograman arduino. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa fungsi ini akan di eksekusi sekali setelah board Arduino menyala atau setelah di reset.

Semoga catatan ini bermanfaat.

Fungsi setup() Dalam Sketch Arduino

Fungsi setup() dipanggil saat program dimulai. Digunakan untuk menginisialisasi variabel, mode pin, penggunaan library, dan lain-lain. Fungsi setup() hanya akan berjalan satu kali, setelah menyala atau board Arduino direset.

Berikut ini adalah contoh kodenya.
int buttonPin = 3;

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  pinMode(buttonPin, INPUT);
}

void loop() {
  // ...
}
Itu tadi adalah contoh yang bisa saya tampilkan dan anda dapat melihat referensi dalam bahasa inggrisnya Fungsi loop() atau setup() melalui arduino reference blog. Penjelasan mengenai fungsi loop() juga telah kami tulis dalam catatan sederhana Fungsi loop() Dalam Sketch Arduino 

loop()

Setelah membuat fungsi setup() dalam sketch Arduino yang berfungsi sebagai penginisialisi dan seting nilai awal, kemudian fungsi loop() akan melakukan pengulangan terus menerus.

fungsi loop() dalam sketch Arduino

Dimana semua perintah dalam fungsi loop() akan diulang berkali-kali sampai arduino dimatikan atau di reset.Fungsi loop() ini dapat dimasukkan perintah-perintah lain yang dapat mengontrol Arduino.

Contoh Kode Sketch

int buttonPin = 3;

// setup initializes serial and the button pin
void setup() {
  Serial.begin(9600);
  pinMode(buttonPin, INPUT);
}

// loop checks the button pin each time,
// and will send serial if it is pressed
void loop() {
  if (digitalRead(buttonPin) == HIGH) {
    Serial.write('H');
  }
  else {
    Serial.write('L');
  }

  delay(1000);
}

Dari kode di atas kita dapat melihat hasilnya dengan melakukan percobaan. dan kode tersebut telah saya coba menggunakan arduino UNO R3 dan berhasil, Anda juga dapat mencobanya sendiri.

Herwanto
Herwanto Hobi elektronika pemrograman, audio dan lain-lain

Posting Komentar untuk "Sketch atau Baris Program"