Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab 4 C Gerbang Logika EX-OR Dan EX-NOR

Haloo sobat, kembali admin akan posting tentang materi elektronika digital dasar yaitu mengenai gerbang logika (logic gate). Khusus untuk postingan ini yang akan kita tuliskan yaitu tentang gerbang EXCLUSIVE OR (Ex Or / X-Or) dan EXCLUSIVE NOR (Ex Nor / X-Nor). Gerbang ini meskipun tidak termasuk gerbang logika dasar namun sering sekali dijumpai pada rangkaian digital.

Gerbang Logika EX-OR

Keluaran pada gerbang X-OR akan TINGGI bila dan hanya bila tingkat logika dua masukkannya saling berlawanan. Awalnya gerbang Ex-OR tidak memiliki lebih dari dua masukan. Jika A dan B menyatakan dua masukan pada gerbang EX-OR dan Y menyatakan keluarannya, maka Operasi EX-OR itu dituliskan sebagai berikut :
Simbol Gerbang Ex-OR
Simbol gerbang logika Ex-OR dapat dilihat pada gambar di atas.

Tabel Kebenaran Gerbang EX-OR

Tabel kebenaran gerbang EX-OR ini digunakan untuk menunjukkan hubungan input dan output dari gerbang EX-OR dengan dua masukan / input.
A B Y = A ⊕ B
Tabel Kebenaran Gerbang X-OR Dua Masukan
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 0

Dari tabel diatas dapat diartikan sebagai berikut :

  • Keluaran gerbang EX-OR pada tingkat logika TINGGI bila dua masukannya pada tingkat logika yang berbeda ( A=1 dAan B = 0 atau A=0 san B=1).

Gerbang Logika EX-NOR

Keluaran pada gerbang X-NOR akan TINGGI bila dan hanya bila tingkat logika dua masukkannya sama. Awalnya gerbang Ex-OR tidak memiliki lebih dari dua masukan. Jika A dan B menyatakan dua masukan pada gerbang EX-OR dan Y menyatakan keluarannya, maka Operasi EX-OR itu dituliskan sebagai berikut :
Simbol Gerbang Ex Nor
Simbol gerbang logika Ex-NOR dapat dilihat pada gambar di atas.

Tabel Kebenaran Gerbang EX-OR

Tabel kebenaran gerbang EX-OR ini digunakan untuk menunjukkan hubungan input dan output dari gerbang EX-OR dengan dua masukan / input.
A B Y
Tabel Kebenaran Gerbang X-NOR Dua Masukan
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 1

Dari tabel diatas dapat diartikan sebagai berikut :

  • Keluaran gerbang EX-NOR pada tingkat logika TINGGI bila dua masukannya pada tingkat logika yang sam ( A=1 dan B = 1 atau A=0 san B=0).

Penutup

Demikian postingan mengenai gerbang logika Ex-NOR dan Ex-OR. Artikel di atas merupakan sebuah catatan kecil saja, semoga dapat bermanfaat menjadi tambahan pengetahuan bagi pembaca semua.
Herwanto